Budikdamber

Belakangan ini banyak sekali yang melakukan budidaya ikan dan sayuran di dalam ember atau biasa disebut budikdamber.

Apalagi ditengah WFH ini, banyak yang menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat seperti budikdamber ini.

Berawal dari melihat banyak status orang yang update mengenai budikdamber ini akhirnya jiwa ini semakin penasaran untuk mencobanya.

Budidaya ini membutuhkan ember ukuran besar. Ember ini nantinya dijadikan tempat untuk menampung budidaya ikan, sementara bagian atas ember nantinya diisi dengan pot-pot dari gelas plastik berisi bibit sayuran. Dengan media sederhana ini, Anda bisa menghasilkan ikan dan sayuran siap olah.

Akhirnya saya pun mulai menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk budikdamber seperti :

  1. Ember ukuran 60 liter
  2. Gelas plastik ukuran 14 oz
  3. Kawat yang lentur untuk mengaitkan gelas plastik pada ember
  4. Bibit Ikan (Dalam hal ini saya memilih Ikan Lele)
  5. Bibit sayuran (Dalam hal ini saya memilih bibit sayuran kangkung)
  6. Arang batok kelapa atau batok kayu
  7. Air yang sudah diendapkan selama 3 hari

Setelah peralatan dan perlengkapan sudah lengkap semua akhirnya saya mulai mengeksekusinya dan jadilah seperti ini

Hari demi hari saya menanti bibit kangkung saya tumbuh dan berkembang :-D. Sampai pada hari ke-7, tanaman kangkung sayapun tumbuh dan berkembang setiap harinya.

Namun sayang bibit lele saya banyak yang mati. Menurut hasil penelitian saya dan pak suami, lele saya banyak yang stress dan mati itu karena didepan rumah sedang ada yang perbaikan rumah alhasil lingkungan jadi bising.

Berdasarkan teori yang saya dapatkan, bibit lele itu baiknya dibudidaya pada lingkungan yang sunyi dan tidak panas. Karena kebisingan dan panas yang sangat terik bisa memungkinkan penyebab dari bibit lele stress dan mati.

Mungkin banyak lagi penyebab dari bibit lele stress dan mati. Tentunya bibit lele memang rentan sekali akan stress dan mati. Harus pintar-pintar dalam budidaya lele ini.

Untuk menghindari bibit lele stress dan mati, menurut survei yang pak suami dapatkan daun pepaya dapat mengurangi bibit lele stress.

Alhasil alhamdulillah sampai saat ini bibit lele saya tumbuh sehat dan berkembang terlebih didepan rumah saya sudah selesai dalam perbaikan rumahnya juga. 😀

Doakan ya supaya ikan lele dan sayuran kangkung saya bisa segera panen dan bisa diolah untuk dimakan tentunya. 😀

4 Replies to “Budikdamber”

  1. Kalau ikannya terlalu kecil atau terlalu padat penebarannya atau airnya masih bau ember, kemungkinan ikannya memang bisa stress, Indah. Agar kangkungnya segar, bisa juga airnya diberikan vitamin (saya lupa namanya, itu semacam pupuk untuk daun). Harusnya tidak masalah ke lele-nya. Buat jaga-jaga bisa juga diberikannya sedikit-sedikit.

    1. Saya beli bibit ikan ukuran 7cm sebanyak 50 boss dan masuk semua kedalam ember 60 liter. Kemungkinan iya terlalu padat boss 😀 Terima kasih atas saran untuk kangkungnya boss, saya coba cari tau nama vitaminnya agar tumbuh seger kangkung saya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *