Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak Secara Online

Faktur Pajak merupakan tagihan pajak yang dikenakan kepada para Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang melakukan penyerahan barang kena pajak maupun jasa kena pajak. Faktur ini digunakan sebagai bukti pungutan pajak atas Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Didalam faktur pajak tersebut terdapat Nomor Seri Faktur Pajak atau disebut NSFP.

Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) merupakan nomor seri yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk Pengusaha Kena Pajak (PKP) sebagai salah satu syarat dalam pembuatan faktur pajak. NSFP tersebut dikeluarkan secara resmi melalui mekanisme khusus penomoran faktur pajak.

Permintaan NSFP selain dapat dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat PKP dikukuhkan, wajib pajak juga dapat melakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak secara online melalui e-Nofa.

e-Nofa merupakan aplikasi yang disediakan DJP bagi wajib pajak untuk melakukan permintaan nomor faktur pajak secara online.

Berikut adalah syarat-syarat dalam meminta Nomor Seri Faktur Pajak melalui e-Nofa :

1. Terdaftar dan dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP)

2. Memiliki kode aktivasi dan password yang diberikan oleh DJP.

3. Memiliki sertifikat elektronik/digital yang sebelumnya telah diajukan ke KPP tempat wajib pajak terdaftar dan disetujui oleh DJP.

Untuk dapat meminta Nomor Seri Faktur Pajak Online di e-Nofa, wajib pajak harus mengunduh sertifikat elektronik terlebih dahulu Berikut ini langkah-langkah untuk unduh sertifikat elektronik e-faktur :

  1. Download sertifikat digital pada aplikasi e-Nofa Pajak (https://efaktur.pajak.go.id/login)
  2. Masukkan NPWP dan Password yang telah terdaftar lalu Login
  3. Setelah login, lalu pilih menu Download sertifikat digital kemudian klik OK – Unduh
  4. Setelah sertifikat diunduh selanjutnya yakni Impor sertifikat tersebut pada browser di laptop/komputer kita. Sebagai contoh adalah

1. Browser Chrome

– Masuk ke menu Pengaturan/Settings, pada kanan atas layar.

– Pilih menu Privasi dan Keamanan kemudian Keamanan

– Kemudian klik Kelola Sertifikat

– Selanjutnya, klik Impor.

– Pada saat import Sertifikat Elektronik ini, akan diminta password/passphrase, yaitu password yang dibuat Direktur/Pengurus ketika mengajukan permintaan Sertifikat Elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak.

Setelah selesai mengimpor sertifikat elektronik pada laptop/komputer Anda, selanjutnya masuk situs e-Nofa pajak untuk meminta Nomor Seri Faktur Pajak online. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Login pada situs e-Nofa Pajak : https://efaktur.pajak.go.id/login

2. Masukkan NPWP dan Password yang telah terdaftar lalu Login.

3. Klik Permintaan NSFP, akan muncul kotak dialog “Your Connection is Not Private” pilih menu Hide Advenced dan Proses ke efaktur (Catatan: Jika belum setting sertifikat di browser maka koneksi server akan terputus, pastikan tidak melewatkan proses setting sertifikat browser di atas)

4. Kemudian isi Nama Pemohon, Jabatan Pemohon dan Jumlah Nomor Faktur yang diminta.

5. Pilih Proses dan Cetak Nomor Faktur yang sudah didapat.

Selamat mencoba^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *