Membuat Bukti Potong & File CSV pada e-SPT Pasal 4 Ayat (2)

Saat menjalankan usaha/bisnis tentunya kalian memerlukan tempat untuk membuka usaha/bisnis anda.

Jika tempat usaha anda dalam kategori sewa dan anda terdaftar sebagai Pengusaha Kena Pajak tentunya anda harus membayar pajak sewa tanah dan bangunan tersebut.

Atas pembayaran biaya sewa tanah dan bangunan oleh suatu perusahaan, maka perusahaan wajib membayar PPh Pasal 4 ayat 2 sebesar 10% x seluruh biaya sewa. Pihak penyewa pun wajib memberikan bukti pemotongan PPh Pasal 4 ayat 2 ke pemilik tanah dan bangunan tersebut.

Sedangkan, pemilik tanah dan bangunan wajib menerbitkan faktur pajak atas pungutan PPN 10% x seluruh biaya sewa atas transaksi sewa tersebut.

Kali ini saya akan share mengenai cara membuat File CSV & Bukti Potong PPh Pasal 4 ayat 2 atas sewa tanah dan bangunan tersebut.

1. Pastikan anda sudah menginstal aplikasi e-SPT PPh Pasal 4 ayat 2 seperti dibawah ini tampilannya. (Baca juga : Cara Install e-SPT PPh Pasal 4 Ayat 2)

2. Kemudian klik Menu dan pilih Koneksi Database, lalu masukkan password anda

3. Setelah itu anda dapat pilih menu Surat Pemberitahuna (SPT) dan klik Buat SPT Baru untuk membuat SPT Masa tertentu Misalnya : Masa Pajak Maret (3)

4. Isi tahun dan masa pajak sesuai dengan masa pajak terkait

5. Kemudian buka SPT yang telah dibuat dengan cara pilih Buka SPT yang Ada lalu pilih masa SPT yang tadi anda buat dan klik Buka

6. Setelah SPT yang diinginkan terbuka, lalu masukkan data & informasi terkait pada menu Surat Pemberitahuan (SPT) lalu pilih Daftar Bukti Pemotongan/Pemungutan PPh Final Pasal 4 Ayat (2) (Form ini dibuat untuk pihak penyewa yang menyetor dan melaporkannya sendiri)

7. Lalu klik menu Tambah dan isilah form tersebut dibawah ini dengan benar dan klik Simpan

8. Setelah di simpan maka data anda akan muncul, lalu pilih menu cetak untuk membuat bukti potong PPh Pasal 4 Ayat 2 atas sewa tanah & bangunan anda

9. Untuk mencetak File CSV PPh Pasal 4 Ayat 2, anda klik menu Lapor SPT kemudian pilih Rekam Surat Setoran Pajak (SSP)

10. Kemudian isi form rekam data dengan benar termasuk dengan nomor NTPN sebagai bukti telah melakukan pembayaran/penyetoran pajak sewa tanah & bangunan tersebut lalu klik Simpan

Pilih kode jenis setoran nomor 403 = atas penghasilan persewaan tanah dan bangunan

11. Setelah selesai lalu pilih menu Lapor SPTLapor Data SPT ke KPP lalu pilih masa SPT yang akan dilaporkan dan pastikan jumlah PPh kurang/lebih bayar dengan jumlah SSP yang telah dibayar sama setelah itu klik Buat File


12. Terakhir pilih lokasi penyimpanan file CSV pada laptop anda dan maka file csv anda sudah dibuat dan siap untuk dilaporkan.

Setelah membuat file CSV ini, selanjutnya adalah melaporkannya melalui e-filling pada DJP Online.

Selamat Mencoba ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *