Layanan Aktiva Self-service Password Management (ASPM)

Password atau kata sandi merupakan kumpulan kode berupa huruf, angka dan karakter yang merupakan kunci untuk dapat mengakses suatu aplikasi. Setiap orang pasti mempunyai berbagai password untuk dapat mengakses aplikasi yang dimilikinya.

Kalian semua pasti memiliki banyak sekali password dari berbagai aplikasi. Baik untuk aplikasi pribadi maupun untuk pekerjaan kantor.

Bahkan sering kali kalian lupa akan password yang kalian miliki ketika ingin mengakses aplikasi. Tentunya hal tersebut terjadi karena banyaknya password yang dimiliki dengan ketentuan yang berbeda-beda.

Mungkin ini tidak akan jadi masalah jika dialami oleh seorang saja.

Coba bayangkan jika di dalam perusahaan yang memiliki beribu-ribu karyawan/user yang sering kali lupa akan password ketika ingin mengakses aplikasi perusahaan. Tentunya hal ini akan mengurangi produktivitas karyawan tersebut karena harus meminta token untuk ganti password aplikasi kepada IT helpdesk/admin.

Salah satu dari kegiatan IT helpdesk/admin yang berulang adalah membantu user untuk melakukan reset password. User akan mendatangi dan meminta token untuk perubahan password kepada tim IT helpdesk/admin. Hal ini membutuhkan banyak waktu dan sangat tidak efektif.

Bagaimana jika user dapat mengganti password-nya sendiri tanpa bantuan pihak IT helpdesk/admin ?

Selain akan mempermudah pekerjaan IT helpdesk/admin dalam proses penggantian password, tentunya dapat meningkatkan produktivitas karyawan/user dalam pekerjaannya.

Aktiva Self-service Password Management (ASPM) adalah aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan berulang dalam proses penggantian password. User dapat melakukan penggantian password secara mandiri tanpa tergantung pada pihak heldesk/admin.

Layanan Aktiva Self-service password management yang ditawarkan oleh PT Aktiva Kreasi Investama memilik banyak fitur dan manfaat-nya sehingga memudahkan dalam penggunaannya.

Fitur-fitur dalam Aktiva Self-service Password Management adalah sebagai berikut :

  • Zimbra Support, mendukung dan mudah diintegrasikan dengan Zimbra.
  • LDAP & AD Support, mendukung dan mudah diintegrasikan dengan LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) & AD (Active Directory).
  • Reset melalui Alternate Email, password direset dengan menggunakan alternatif email yang sudah dikonfigurasi sebelumnya. Misalnya menggunakan alternatif email user@gmail.com sebagai tujuan reset password terhadap email user@aktiva.co.id. Token reset password akan dikirimkan ke alternatif email tersebut untuk dapat mengganti password.
  • Reset melalui SMS, password direset dengan menggunakan SMS. Token reset password akan dikirimkan ke nomor telepon yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Reset melalui Whatsapp, password direset dengan menggunakan whatsapp. Token reset password akan dikirimkan ke nomer whatsapp yang sudah didaftarkan sebelumnya. Jika ingin menggunakan whatsapp yang verified bisa didapat dengan menggunakan whatsapp business.
  • Reset melalui Telegram, password direset dengan menggunakan telegram. Token reset password akan dikirimkan ke user name telegram yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Reset melalui Security Question, password direset dengan menggunakan Security Question. Password direset dengan menggunakan pertanyaan dan jawaban yang sudah dibuat sebelumnya.

Selain fitur, Aktiva Self-service Password Management mempunyai banyak manfaat bagi penggunanya.

Manfaat dalam penggunaan Aktiva Self-service Password Management adalah sebagai berikut :

  • Mudah Dalam Penggunaan, mudah digunakan dan dapat digunakan di berbagai device karena berbasis web.
  • Menghemat Waktu, pihak helpdesk /admin tidak perlu melakukan penggantian password manual dan menginformasikannya kepada pihak user. User dapat langsung melakukannya sehingga dapat menghemat waktu dan dapat meningkatkan produktivitas user dalam pekerjaannya.
  • Password Tunggal, dapat melakukan sinkronisasi perubahan password pada berbagai aplikasi.
  • Peningkatan Keamanan Sistem, meningkatkan keamanan sistem dan melakukan standarisasi keamanan password. Misalnya menerapkan kebijakan password dengan perpaduan antara huruf, angka dan karakter.
  • Mempermudah Proses Login, Dapat terintegrasi ke aplikasi yang menggunakan Single-Sign-On.
  • Mudah Diimplementasikan, Hemat waktu dan biaya dalam proses implementasinya.

PT Aktiva Kreasi Investama menyediakan Online Demo bagi kalian yang ingin Trial Layanan ASPM ini.

Jika ingin mengetahui fitur dan manfaat lebih lanjut dari Aktiva Self-service Password Management (ASPM) atau ingin mengundang kami untuk mempresentasikan terkait Aktiva Self-service Password dan ingin mencoba layanan ini dengan Online Demo, silakan hubungi kami melalui media komunikasi di bawah ini

 Email : sales@aktiva.co.id   Telp : 021-29601509.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *