Cara Membuat SPT Masa PPN dengan e-Faktur

Halo kawan blogger, kali ini saya ingin membahas mengenai cara membuat SPT Masa PPN melalui aplikasi e-faktur.

Sebelumnya apa sih SPT itu ?

SPT (Surat Pemberitahuan) merupakan surat/laporan yang digunakan wajib pajak untuk melaporkan perhitungan pajaknya. Dalam hal ini SPT tersebut digunakan sebagai laporan PPN terutang. Namun, seringkali banyak wajib pajak yang tidak mengetahui langkah mudah untuk membuat SPT Masa PPN tersebut. Untuk mengatasinya, tulisan kali ini akan membahas cara mudah membuat SPT Masa PPN menggunakan aplikasi e-faktur.

E-faktur adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat faktur secara elektronik. Faktur tersebut digunakan sebagai laporan atas pajak terutang dari pajak pertambahan nilai (PPN). Melalui aplikasi e-faktur, kalian dapat membuat, menerbitkan dan melaporkan faktur pajak.

Berikut adalah langkah-langkah membuat SPT melalui aplikasi e-faktur :

1. Buka aplikasi e-faktur.

2. Pilih lokal database lalu klik connect.

3. Masukan username dan password Anda, sesuai dengan pengaturan yang kalian buat pada saat daftar e-faktur.

4. Setelah masuk ke aplikasi e-Faktur, silahkan pilih menu SPT dan klik menu posting.

Pada tahap ini kalian harus memposting masa pajak sesuai dengan masa PPN yang akan kalian bayar dan laporkan. Misalkan kalian akan membayar PPN masa November, berarti kalian pilih masa pajak 11 yang berarti November dan isi tahun pajak seperti pada gambar dibawah ini lalu klik posting.

5. Setelah masa Pajak terposting maka, klik menu SPT lalu buka SPT, pilih masa pajak yang akan kalian buatkan laporan SPT. Setelah itu klik Buka SPT Untuk Diubah.

6. Setelah SPT yang dimaksud terbuka, selanjutnya klik menu SPT lalu Pilih formulir induk 1111 maka akan muncul beberapa bagian formulir SPT.

7. Klik Bagian II dan lihat point D, disitu akan tertera berapa nominal PPN Terutang yang harus kalian bayarkan.

8. Selanjutnya, bayarkan terlebih dahulu PPN Masa kalian sesuai dengan PPN terutang kalian (Bisa melihat dari tulisan saya sebelumnya Cara Bayar PPN Melalui BNI Mobile Banking).

9. Untuk melakukan pembayaran PPN Masa, kalian harus membuat kode billing terlebih dahulu pada website DJP Online dan pilih e-Billing.

10. Setelah kalian bayarkan dan sudah mendapatkan NTPN maka masukkan nomor NTPN tersebut pada lembar bagian II dengan cara klik SSP dan isi sesuai dengan kode pembayaran

11. Lalu klik Bagian VI dan ceklis formulir yang dibutuhkan, isi tanggal pembayaran dan klik Simpan.

12. Lalu klik menu SPT– Buka SPT

13. Kemudian klik “Buka file SPT (CSV)” “Cetak SPT Induk & Lamp AB” “Cetak Lamp A1, A2, B1, B2, B3″ lalu simpan semua berkas.

Maka SPT Masa kalian berhasil dibuat. Mudah bukan ? Kini kalian bisa membuat SPT Masa PPN secara mudah melalui aplikasi e-Faktur.

Selamat mencoba^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *