Cara Bayar PPN Melalui BNI Mobile Banking

Halo kawan blogger, kali ini saya ingin menjelaskan cara membayar PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dengan BNI Mobile Banking.

Sebelumnya mari kita ulas, apa sih PPN itu ? Kenapa harus dibayarkan?

PPN singkatan dari Pajak Pertambahan Nilai, adalah pungutan yang dibebankan atas transaksi jual-beli barang dan jasa yang dilakukan oleh wajib pajak pribadi atau wajib pajak badan yang telah menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Dengan menjadi PKP, pengusaha wajib memungut, menyetor dan melaporkan PPN yang terutang. 

Penyetoran atas pungutan PPN tersebut dapat disetor melalui kantor pos, bank pemerintah atau bank-bank lain penerima setoran pajak

Jika kalian tidak punya waktu untuk antre ke kantor pos atau datang ke bank, tak perlu khawatir, saya punya solusi bagaimana cara agar tetap bisa membayar pajak tanpa antre.

Berikut langkah-langkah membayar PPN melalui BNI Mobile Banking :

1. Pastikan kalian mempunyai ATM BNI dan telah mendaftarkan account BNI Mobile Banking pada Bank BNI.

2. Masukkan USERID dan MPIN kalian yang telah kalian buat pada saat mendaftarkannya.

BNI Mobile Banking

3. Setelah masuk pada menu utama, selanjutnya pilih menu Pembayaran.

4. Lalu akan muncul berbagai jenis pembayaran yang dapat dilakukan melalui BNI Mobile Banking, dalam hal ini pilih menu MPN G2.

Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G2) adalah Sistem Penerimaan Negara secara elektronik yang dibangun oleh Bank Negara Indonesia bekerja sama dengan Kementrian Keuangan sebagai pengembangan yang berkelanjutan dari MPN G1.

MPN G2 memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak/Wajib bayar/Wajib Setor dalam melakukan pembayaran/penyetoran pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) & Cukai.

5. Langkah selanjutnya isi Nomor Tagihan sesuai dengan kode billing yang telah dibuat sebelumnya.

6. Lalu isi Mata Anggaran dan Kode Jenis Setoran sesuai dengan yang tertera pada Kode Billing. Jangan sampai salah yaa! kemudian isi juga nominal dari PPN terhutang yang harus dibayarkan.

7. Setelah terisi semua dan yakin akan data dan nominal yang dimasukkan lalu klik kirim maka pembayaran anda berhasil dilakukan. Jangan lupa simpan bukti pembayarannya karena NTPN pada bukti pembayaran sangat diperlukan sebagai bukti telah melakukan pembayaran Pajak.

Sekian dan semoga bermanfaat buat kalian yang ingin membayar PPN tanpa harus antre ke kantor pos atau datang langsung ke Bank.

Sumber :

https://www.online-pajak.com/pajak-pertambahan-nilai-ppn

https://www.bni.co.id/id-id/beranda/promoacara/newsletter/articleid/3295

One Reply to “Cara Bayar PPN Melalui BNI Mobile Banking”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *