Cara Pelaporan Pajak Realisasi Insentif Covid-19

Melanjutkan tulisan saya yang sebelumnya terkait Cara Membuat Suket PP 23 Secara Online sebagai syarat dan ketentuan yang berhak mendapatkan insentif pajak Covid-19 maka setelah kalian sudah mendapatkan surat keterangan tersebut dan memenuhi syarat untuk mendapatkan Insentif Pajak Covid-19 tersebut, selanjutnya adalah melaporkan Insentif Pajak tersebut secara online.

Pelaporan realisasi insentif Covid-19 merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi para penerima insentif pajak, terutama insentif yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 44/PMK.03/2020 tentang Insentif Pajak untuk Wajib Pajak Terdampak Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Insentif pajak yang wajib dilaporkan realisasinya tersebut di antaranya insentif PPh Final ditanggung pemerintah (DTP) dan pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 DTP. Adapun pelaporan realisasi tersebut dilakukan setiap masa pajak selama periode insentif berlaku.

Dalam hal ini, saya ingin membahas insentif Pajak PPh Final ditanggung pemerintah (DTP)

Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk pelaporan realisasi insentif covid :

1. Pastikan sudah memiliki akun di laman djponline.pajak.go.id. Kemudian buka dan masuk ke akun Anda di laman tersebut.

2. Selanjutnya, klik Profil – Aktivasi Fitur Layanan – centang eReporting Insentif COVID-19 untuk penambahan fitur/aktivasi fitur layanan pelaporan. Pastikan juga profil WP sudah sesuai. Jika tidak sesuai WP bisa menghubungi KPP terkait. 

3. Klik menu Layanan dan Pilih ikon e-reporting insentid Covid-19 yang berada di bagian paling bawah.

4. Klik Tambah dan kemudian pilih jenis pelaporan, apakah realisasi PPh Final DTP atau PPh 21 DTP. Lalu klik Lanjutkan.

Dalam hal ini kita pilih PPh Final DTP

5. Sebelum menyampaikan laporan realisasi pajak, pastikan Anda membaca petunjuk untuk memastikan apakah Anda berhak mendapatkan fasilitas insentif tersebut sesuai dengan PMK-44/2020

6. Isi permintaan Kode Keamanan lalu klik Lanjutkan. Jika Anda tidak mendapatkan fasiitas PMK-44, maka akan muncul ikon tanda silang dan keterangan yang menyebutkan bahwa Anda tidak diperkenankan melakukan pelaporan realisasi karena tidak termasuk WP penerima fasilitas. 

7. Jika Anda berhasil maka lanjutkan dengan tahapan-tahapan berikut, dan jangan lupa untuk membaca petunjuknya terlebih dahulu

8. Setelah anda membaca petunjuk dan membuat laporan sesuai dengan format realisasi PPh Final DTP tahap selanjutnya adalah upload file laporan realisasi, lalu klik submit

Sebagai informasi, pelaporan realisasi PPh Pasal 21 DTP dan PPh Final DTP dilakukan setiap bulan paling lambat tanggal 20 bulan berikutnya setelah masa pajak berakhir. Ketentuan ini berlaku untuk masa pajak April 2020-September 2020 bahkan Pemerintah resmi memperpanjang pemberian insentif Covid-19 pajak hingga Desember 2020. Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 86/PMK.03/2020.

Sekian^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *