Apa Itu Insentif Pajak Covid -19?

Insentif Pajak Covid-19 adalah insentif pajak yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 44/PMK.03/2020 mengenai Insentif Pajak untuk Wajib Pajak Terdampak Pandemi Covid 2019.

Insentif pajak tersebut berupa insentif PPh Final ditanggung pemerintah (DTP) dan pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 ditanggung pemerintah.

Pemberian insentif ini diberikan selama 6 bulan, yaitu dari masa April sampai dengan September 2020. Artinya pasca peraturan ini disahkan penyampaian SPT Masa April sampai dengan Masa September 2020 akan mulai diberlakukan penerapan  insentif kepada wajib pajak yang melaksanakan kewajiban perpajakan yang disebutkan dalam Peraturan PMK tersebut. 

Meskipun pajak ditanggung Pemerintah, namun wajib pajak memiliki kewajiban untuk lapor realisasi insentif covid 19.

Pelaporan realisasi insentif Covid-19 merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi para penerima insentif pajak.

Laporan realisasi insentif pajak pajak penghasilan final (PPh Final) dan pajak penghasilan pasal 21 (PPh 21) paling lambat tanggal 20 bulan berikutnya.

Pelaporan tersebut dapat dilakukan secara online melalui DJP Online pada menu layanan e-reporting.

Adapun syarat untuk mendapatkan insentif pajak ini tercantum dalam

PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44/PMK.03/2020

Teman-teman harus baca syarat dan ketentuan yang berhak mendapatkan insentif pajak ini. Jika telah memenuhi syarat maka wajib pajak harus menyampaikan pemberitahuan atau membuat surat keterangan secara online kepada KPP Terdaftar.

Cara menyampaikannya akan saya sampaikan pada next blog saya.

Nantikan kelanjutannya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *